Kamis, 26 Januari 2012

Sejarah Berdiri dan Berkembangnya Google




Sejarah Berdiri dan Berkembangnya Google.Internet atau sering juga disebut dengan dunia maya menyajikan berbagai macam informasi dan hiburan. Mulai dari pelajaran sekolah, ilmu politik, berita terkini, film, musik, dan berbagai informasi lainnya bisa kita temukan diinternet. Saking banyaknyainformasi dan hiburan yang ada di internet, Anda tidak akan pernah habis untuk menelusurinya. Jutaan atau bahkan miliaran data baru dimasukkan ke dalam internet setiap harinya.

Internet memang layak disebut sebagai dunia tanpa batas. Dengan dunia tanpa batas itu, apakah kita bisa menemukan informasi ataupun hiburan yang kita inginkan? Tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan mesin pencari. Diantaranya adalah Google. Anda bisa mengunjunginya di alamat www.google.com. Sejarah Google
begitu panjang dan menggambarkan betapa kesuksesannya saat ini merupakan hasil dari kerja keras para pendirinya.

Awal Mula Google Terbentuk

Awal mula terbentuknya Google bisa dibilang secara kebetulan. Berawal dari pertemuan antara Larry Page, yang waktu itu berusia 24 tahun dan alumnus Universitas Michigan, dengan Sergey Brin yang berusia 23 tahun pada tahun 1995. Saat itu Larry Page sedang melakukan kunjungan akhir pekan dan diantar oleh Sergey. Dari perbincangan singkat antara Sergey dan Larry tentang mesin pencari yang ada di internet, kedua orang ini sepakat untuk menciptakan mesin pencari yang lebih efektif.

Setelah beberapa lama melakukan riset, akhirnya pada tahun 1996 mereka berhasil menciptakan mesin pencari yang kemudian diberi nama Backrub. Mereka terus menyempurnakan mesin pencari Backrub dan mulai mencari investor untuk proyek mereka.

Dari Googol ke Google

Andy Bechtolsheim akhirnya setuju untuk memberikan investasi sebesar 100.000 dolar dalam bentuk cek, dengan syarat nama mesin pencari tersebut diganti dengan Googol, yaitu sebuah kata yang berarti bilangan satu dengan 100 angka 0 dibelakangnya. Tetapi secara tidak sengaja, Andy salah ketik dan menuliskan cek itu untuk perusahaan Google. Tentu saja hal itu membuat cek tersebut tidak bisa dicairkan karena waktu itu belum ada perusahaan yang bernama Google.

Walaupun menurut mereka nama itu unik, tetapi mereka bingung bagaimana mendirikan perusahaan tersebut. Akhirnya Sergey dan Larry kembali mencari investor lain dan berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta dolar. Dengan uang itu, mereka bisa membuat perusahaan dengan nama Google dan mencairkan cek dari Andy Bechtolsheim.

Menjadi Mesin Pencari Terbesar

Setelah Google resmi diluncurkan, banyak yang memandang sebelah mata bahwa mereka tidak akan bisa meraih sukses. Saat itu, mesin pencari di internet belum banyak digunakan oleh pengguna internet. Tetapi seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin banyak yang menggunakan mesin pencari Google dan membuat Google menjadi mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan orang.

Sejarah Google ini membuktikan bahwa pandangan ke depan dari Sergey dan Larry telah berhasil membuat Google menjadi pionir di bidang mesin pencari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar