Senin, 30 Januari 2012

10 besar ancaman internet

10 besar ancaman internet global Program jahat yang mengancam jaringan komputer global beraneka ragamnya. Vendor keamanan komputer BitDefender pun mengumumkan peringkat sepuluh besar program jahat yang dinilai paling umum dan paling mengganggu di ranah global.

Bahkan BitDefender sendiri mengakui bahwa program jahat tersebut sulit diidentifikasi pun sulit diberantas. Dilansir Softpedia dan dikutip detikINET, Minggu (17/8/2008)

, berikut 10 besar ancaman komputer yang paling umum pada bulan Juli 2008 beserta persentasenya:

1.Trojan.Clicker.CM - 6.63%
2.Trojan.Downloader.WMA.Wimad.N - 4.49%
3.Trojan.Downloader.Wimad.A - 2.91%
4.Trojan.Qhost.AKR - 2.57%
5.Exploit.SWF.Gen - 2.39%
6.Trojan.Swizzor.1 - 2.02%
7.Trojan.HTML.Zlob.W - 1.92%
8.Trojan.HTML.Zlob.AA1 - 73%
9.Trojan.Autorun.TE - 1.72%
10.Trojan.FakeAlert.PP - 1.65%
Lainnya - 71.97%.

Sembilan dari sepuluh ancaman adalah program jahat Trojan dengan kelebihannya, mudah disamarkan dalam aplikasi yang tampaknya aman. Namun sekali terinstall, Trojan bisa menimbulkan sejumlah kerusakan termasuk kemungkinan diambil alihnya komputer korban oleh penjahat cyber.

Trojan yang memuncaki peringkat teratas misalnya, Trojan.Clicker.CM, menampilkan sejumlah pop ups komersial sehingga memakan bandwidht dan memperlambat kinerja komputer.BitDefender menegaskan, sebagian besar ancaman itu bukan jenis baru kecuali Trojan.Downloader.Wimad.A dan Trojan.Swizzor.1 di peringkat keenam.

Menurut Sorin Dudea, Head of BitDefender AVResearch, ancaman itu kemungkinan tidak terlalu luas dampak kerusakannya. Akan tetapi masalahnya, program-program jahat yang masuk daftar itu susah teridentifikasi dan juga sukar dimusnahkan. Jadi harap waspada saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar