Sabtu, 21 Januari 2012

Manfaat Laut




Laut merupakan “kolam” air asin yang lebih kecil dibandingkan dengan samudra, berada di sekitar benua atau daratan, dan kedalamannya relatif dangkal. Sebenarnya amat banyak manfaat dari laut, namun manusia seakan tidak menyadari keuntungan yang diperoleh dari laut. 
Salah satu contoh manfaat laut adalah sebagai sumber bahan makanan. Di laut banyak sekali bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Namun, manusia juga harus selektif terhadap benda laut. Karena ada benda laut yang berbahaya bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh, yang dapat dikonsumsi manusia adalah ikan, rumput laut, kerang, dan lain-lain. Benda benda laut seperti ini sudah amat sering sekali kita dengar dan kita konsumsi.

Selain sebagai sumber bahan makanan, laut juga dapat berguna dalam bidang obat-obatan. Ada beberapa obat yang berbahan dasar benda laut.
Laut juga berfungsi sebagai tempat rekreasi. Dewasa ini sudah banyak orang yang menyadari bahwa betapa indahnya laut. Mereka sangat suka walaupun hanya dapat melihat saja. Sudah ada beberapa perusahaan yang menjadikan laut sebagai lahan bisnis. Mereka menyediakan alat-alat untuk menikmati keindahan alam laut. Termasuk diantaranya adalah kapal, alat selam, dan penginapan-penginapan yang ada dipinggir pantai.
Tidak hanya bagi para pengusaha yang dapat memperoleh uang dari laut. Namun, juga para nelayan yang melaut. Mereka menggantungkan hidup mereka pada laut karena makan atau tidaknya mereka tergantung pada ikan yang dapat mereka peroleh. Selain para nelayan, para petani tambak juga diuntungkan dengan adanya laut. Ada juga yang memanfaatkan laut untuk memperoleh perhiasan. Mereka mencari kerang-kerang untuk mendapatkan mutiara. Mutiara yang mereka dapat kemudian dapat dijual sebagai penghasilan mereka.
Laut juga berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem. Jika tidak ada laut maka tidak akan ada penguapan secara besar besaran sehingga menbuat awan. Awan itu kemudian menjadi hujan. Apabila tidak ada hujan maka manusia akan menderita kekeringan.
Kegunaan yang lain adalah untuk sarana penghubung antar pulau atau samudra. Air yang ada dilaut diandaikan sebagi jalan yang harus ditempuh agar dapat menuju pulau yang lain. Masih banyak lagi kegunaan atau manfaat laut yang tersembunyi dan musia tidak sadar bahwa jika tidak ada laut maka untuk menjalani kehidupan amatlah sulit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar