Kamis, 26 Januari 2012

Merencanakan Perjalanan Liburan yang Menyenangkan


Liburan adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar orang. Pegawai, anak sekolah, pengusaha, ibu rumah tangga dan yang lainnya apabila mendengar kata liburan maka yang terpikir adalah bersenang-senang. Hal yang tidak salah mengingat apabila liburan telah datang maka berbagai rencana untuk mengisi waktu libur sebagian besar adalah perjalanan untuk bersenang-senang atau berwisata. 
Liburan menyenangkan adalah hal yang ingin dilakukan semua orang. Untuk memperoleh waktu liburan yang menyenangkan, tahukah anda bahwa ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan agar rencana liburan benar-benar menjadi liburan yang menyenangkan, tidak sebaliknya menjadi liburan yang tidak berkesan karena salah persiapan. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan dalam liburan akan kita paparkan disini dalam rangkuman tips untuk perjalanan liburan.

Tips untuk perjalanan liburan agar menjadi liburan yang menyenangkan adalah :
  • Hindari memilih waktu perjalanan liburan pada waktu perkiraan puncak liburan 
Melakukan perjalanan pada waktu puncak liburan adalah hal kurang bijak karena pasti lalu lintas perjalanan sangat padat sehingga perjalan jadi sangat tidak nyaman baik memakai angkutan pribadi atau angkutan umum. Usahakan memilih waktu perjalanan liburan yang tidak berbarengan dengan waktu puncak liburan.
  • Pesan tiket perjalanan anda seawal mungkin jika memakai angkutan umum 
Pemesanan tiket perjalanan diawal dimaksudkan agar anda bisa menyesuaikan waktu perjalanan anda dan jadwal anda selama liburan karena jadwal selama liburan harus sudah disusun dengan baik agar waktu liburan bisa optimal. Disamping itu pemesanan lebih awal biasanya juga memperoleh harga yang lebih murah. 
  • Usahakan untuk mengerti bandara atau stasiun atau terminal yang anda gunakan.
Hal ini dimaksudkan agar anda mudah dalam mengatur perjalanan dan tidak akan mendapat kesulitan selama disana. Cari tahu mengenai bandara yang kita pakai dari teman atau kenalan atau dari internet. Pengetahuan disini juga termasuk tentang angkutan yang bisa dipakai setelah dari bandara/terminal. Jangan sampai liburan yang menyenangkan berubah jadi acara tidur di bandara.
  • Persiapkan tempat untuk menginap selama liburan
Lakukan pemesanan tempat jauh hari untuk menghindari kehabisan tempat menginap karena hal tersebut sering terjadi pada masa puncak liburan sehingga anda terpaksa menginap di tempat yang jauh dari bayangan anda.
  • Cari informasi tentang tempat belanja yang sesuai untuk anda
Tempat belanja yang sesuai dengan budget anda dan harga yang biasa diberlakukan di tempat wisata adalah informasi yang sangat bagus agar liburan anda lebih menyenangkan. Jangan sampai anda melakukan pemblian belanja dengan harga yang terlalu tinggi.
  • Usahakan untuk pulang lebih awal
Perjalanan pulang yang lebih awal adalah dimaksudkan agar tidak mendapat masalah pada perjalanan pulang dari sisi transportasi, karena perjalan pulang pada saat masa puncak akan banyak membawa masalah.
  • Persiapkan barang bawaan oleh-oleh secara bijaksana
Hindari berlebihan dalam membawa barang oleh-oleh karena akan membuat kita mendapat masalah baru pada perjalanan pulang. Bawa oleh-oleh secukupnya saja.
  • Persiapan alat komunikasi selama perjalanan.
Hal yang harus diperhatikan adalah persiapan segala peralatan komunikasi yang biasa anda pakai dan pastikan segalanya bisa dipakai normal selama perjalanan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan agar liburan anda bisa menjadi liburan yang menyenangkan. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan tentu saja persiapkan kesehatan anda sebaik mungkin karena kesehatan adalah indikasi paling utama apakah liburan anda bisa menjadi menyenangkan atau malah jadi liburan yang buruk. Semoga liburan kali ini menjadi liburan yang menyenangkan bagi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar