Jumat, 20 Januari 2012

Olahraga dan Kesehatan


 



Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak  dan meningkatkan kemampuan gerak. 
Hubungan Olahraga Dan Kesehatan

Olahraga menyehatkan! Inilah ungkapan masyarakat. Masyarakat meyakini benar manfaat olahraga bagi kesehatan. Tetapi bagaimana olahraga dapat menyehatkan
 dan berapa berat orang harus melakukan olahraga untuk menjadi lebih sehat? Inilah masalah yang perlu dipahami bagaimana tata-hubungan antara olahraga dan kesehatan, bagaimana cara melakukan olahraga untuk kesehatan dan berapa berat olahraga harus dilakukan agar orang menjadi lebih sehat.


Perlu diketahui bahwa pada awal abad 21 usia harapan hidup diperkirakan mencapai 70 tahun. Hal ini akan meningkatkan jumlah orang usia lanjut, yang diperkirakan pada tahun 2005 ini mencapai jumlah 19 juta orang atau 8,5% dari penduduk (Dep.Sosial RI.,1996: 1 dan 6). Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, kondisi ini perlu diantisipasi agar para usia lanjut ini tetap sehat, sejahtera dan mandiri, sehingga tidak menjadi beban berat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Kesehatan adalah hal yang didambakan setiap orang. Termasuk Anda tentunya. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat tentunya perlu asupan makanan yang bergizi, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan makan makanan sembarang. Selain itu juga seseorang perlu melakukan olahraga, Olahraga dapat menyehatkantubuh. Tapi ingat hal ini bisa tercapai jika olahraga dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan.
Mengapa perlu Olahraga.

Seperti halnya makan, gerak (Olahraga) merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya terus-menerus; artinya Olahraga sebagai alat untuk mempertahankan hidup, memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan. Seperti halnya makan, olahragapun hanya akan dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kesehatan pada mereka yang melakukan kegiatan olahraga. Bila orang hanya menonton olahraga, maka sama halnya dengan orang yang hanya menonton orang makan, artinya ia tidak akan dapat merasakan nikmatnya berolahraga dan tidak akan dapat memperoleh manfaat dari olahraga bagi kesehatannya.

Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan fungsional jasmani, rohani dan sosial. Struktur anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul khususnya pada generasi muda yang aktif mengikuti kegiatan Olahraga dari pada yang tidak aktif mengikutinya (Renstrom & Roux 1988, dalam A.S.Watson: Children in Sport dalam Bloomfield,J., Fricker, P.A. and Fitch,K.D., 1992). Penulis meyakini benar bahwa hal demikian juga berlaku bagi para lansia yang aktif dalam olahraga. 

Jenis Olahraga

  • Aerobik adalah : Olahraga yang dilakukan secara terus-menerus dimana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi tubuh. Misalnya : Jogging, senam, renang, bersepeda.
  • Anaerabik adalah : Olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh. Misalnya : Angkat besi, lari sprint 100 M, tenis lapangan, bulu tangkis.
Manfa'at Olahraga Untuk Kesehatan

  • Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paru dan pembuluh darah
  • Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang
  • Meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) pada tubuh sehingga dapat mengurangi cedera.
    Meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencegah kegemukan dan mempertahankan berat badan ideal.
    Mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung koroner, kolesterol, kencing manis, dan lain-lain
  • Meningkatkan sistem hormonal melalui peningkatan sensitifitas hormon terhadap jaringan tubuh.
  • Meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit melalui peningkatan pengaturan kekebalan tubuh.
Demikian pembahasan tentang Olahraga dan Kesehatan. Semoga bermanfa'at. Dan semoga kita tetap semangat untuk terus berolahraga secara teratur agar tumbuh kita tetap sehat. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar