Sabtu, 07 April 2012

Riwayat Singkat Maher Zain dan Lirik Lagu " Insya Allah " (dlm bahasa Indonesia)





Kisah hidup penyanyi ini sangat menarik. Maher Zain lahir tgl 16 maret 1981 di Libanon. Sejak usia 8 tahun ia mengikuti orang tuanya tinggal dan bersekolah di Swedia. Ia lulus sebagai sarjana dari Aeronautical Engineering, namun ia lebih menekuni musik. Bakat ini menurun dari ayahandanya yang seorang penyanyi. Maher Zain lahir sebagai orang Islam, namun pada awalnya tidak menjalankan agamanya.

Dengan bakat musik yang handal dan suaranya yang merdu, pada tahun 2008 ia diajak merantau ke Amerika Serikat oleh RedOne seorang produser Swedia berdarah Maroko. Di sana ia cukup sukses sebagai penyanyi R&B, penulis lagu dan produser. Mimpinya menjadi kenyataan, bertemu dengan banyak musisi dunia, hidup mewah dan menghadiri pesta-pesta yang semarak.

Namun di balik gemerlapnya pesta dan kehidupan yang mewah, Maher Zain merasakan kekosongan jiwa. Ada sesuatu yang hilang, ia tidak bahagia.

Ia memutuskan untuk berlibur, kembali ke Swedia. Di sana ia pergi ke Masjid dan bertemu dengan kaum muslim setempat. Dari saudara sesama muslim, ia mendapat pencerahan. Setelah beberapa waktu, Alhamdulillah untuk pertama kali dalam hidupnya, ia bersujud ke hadapan Allah. Ia lalu menghabiskan bulan puasa tahun itu di Swedia.

Dia merasa senang, namun dia mulai merasa gamang. Mimpi masa mudanya telah menjadi kenyataan, berkarir dan bergaul dengan musisi kelas dunia, termasuk Michael Jackson. Kehidupan mewah dengan segala sesuatu dapat terpenuhi menunggu dia di Amerika, tapi ia merasa jiwanya kosong. Di Amerika dengan kehidupan glamour, ia dikelilingi oleh kehidupan hedonis yang dekat dengan kemaksiatan.

Akhirnya ia menyerahkan segala urusannya kepada Allah. Ia terus berdoa, bersimpuh di hadapan Allah dalam sholat yang khusyu'. Alhamdulillah, ia diberi jalan keluar oleh Allah Yang Maha Penyayang.

Ia tinggalkan kehidupan sebelumnya, walaupun hal ini terasa sungguh berat baginya. Kemudian ia membuat album lagu Islami. Ternyata sekarang hasil karyanya terdengar berkumandang di berbagai belahan dunia.Ia tidak hanya bernyanyi tetapi juga berdakwah dengan lirik lagunya yang menyentuh. Ia menyanyi dalam berbagai bahasa selain bahasa Inggris, antara lain bahasa Arab, Urdu, Perancis dan Indonesia.

Albumnya "Thank You Allah" yang dikeluarkan tahun 2009 bersamaAwakening Records sukses besar. Lagu ini mewakili perjalanan hidupnya. Dalam waktu 1,5 tahun fans nya yang terdaftar mencapai 2,5 juta. Pada tahun 2010 lagunya"Ya Nabi Salam Alayka" mendapat penghargaan sebagai "Lagu Religius Terbaik" dari Nujoom FM, stasiun Radio terbesar di Timur Tengah . Ia sibuk diundang ke berbagai negara. Tahun 2011 ini ia mengeluarkan album di Indonesia berduet dengan Fadly "Padi". Sampai dengan tulisan ini saya buat, video lagunya "Insha Allah" telah ditonton lebih dari 12 juta kali. Subhanallah.


Apa hikmah yang bisa kita ambil dari riwayat hidup Maher Zain? 

"Barangsiapa yang meninggalkan hal yang buruk karena Allah, maka Allah akan memberi ganti yang lebih baik".

"Lebih besar pengorbanan, maka lebih besar lagi ganjaran dari Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba Nya di jalan Allah".

"Minta tolonglah dengan sungguh-sungguh kepada Allah. Allah Yang Maha Kuasa".

Dalam lagunya "Insha Allah" tercermin keyakinan bahwa, jika kita dalam kesulitan dan minta petunjuk kepada Allah, Insya Allah diberi jalan keluar.

Kalau ingin tahu liriknya yang dinyanyikan dalam bahasa Indonesia mau pun dalam aslinya ada di bagian bawah ya.

Lagu "The Chosen One" terinspirasi oleh perilaku terpuji Rasulullah SAW yang patut diteladani. Video lagu ini dibuat dalam rangka merespons serangan terhadap Rasullullah yang dibuat orang kafir melalui kartun dan facebook. Respon yang sangat baik dan efektif. Jauh lebih baik daripada merespons serangan itu dengan melakukan aksi anarkis.

Sumber :-Dakwah Untuk Para Remaja-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar