Sabtu, 07 April 2012

ALLAHU AKBAR




Allah Maha Besar ... 

Kalimat ini sering sekali kita ucapkan dan juga kita dengar. Tapi sadarkah kita, apa makna dari kalimat ini?

Mari kita kaji...



Bumi yang kita tinggali berada di dalam Galaxy Bimasakti atau dalam bahasa inggris disebut Milky Way. Matahari, bumi kita, planet - planet yang selama ini kita hafal namanya Venus, Mars dan teman temannya berada di galaxy ini. Coba kita lihat gambar Galaxy Andromeda  di atas ini ...
Mengapa saya tidak menampilkan Galaxy Milky Way? karena kita ngga akan bisa melihat secara keseluruhan. Kalau mau mengambil foto galaxy kita secara lengkap, harus keluar dari galaxy dulu kan?  



Galaxy Andromeda ini adalah galaxy yang terdekat dengan galaxy kita dan ukurannya hampir sama. Anggaplah galaxy di atas adalah galaxy kita. Tatasurya kita hanyalah sekumpulan titik yang berada di pertengahan antara pusat dan pinggiran galaxy yang bentuknya seperti piring ini. Amat teramat kecil.


Seperti yang sudah diketahui bintang bintang, yang kelihatan seperti titik berwarna terang itu sama dengan matahari kita. Namun karena jauuuh sekali maka terlihat kecil. Matahari dan bumi kita berjarak sama dengan 8 menit kecepatan cahaya. Jarak yang ditempuh 1 detik cahaya adalah 300.000 km atau kurang lebih setara dengan 23 kali keliling bumi. Misalkan ada kendaraan yang bisa berlari dg kecepatan cahaya maka dalam 1 detik kendaraan itu bisa mengelilingi bumi sebanyak 23 kali. Subhanallah....

Jadi jarak matahari atau bintang terdekat dari bumi adalah  8 x 60 x 300.000 km. Bagaimana dengan Alpha Centauri,  bintang yang nomer dua terdekat dari kita ? Jaraknya sama dengan 4,2 tahun cahaya yaitu 4,2 x 365 (hari) x 24 (jam) x 3600(detik) x 300.000 km. Jadi berapa ????  puyeng deh ngitungnya ... he he he.

Itu baru bintang yang nomer dua terdekat.  Padahal di alam raya ini ada ratusan milyar bintang yang satu sama lain berjauhan. Bahkan begitu jauhnya bintang, sehingga ada yang terlihat sinarnya setelah milyaran tahun. Dan pada waktu terlihat dari bumi, sebetulnya bintang itu sudah mati. Kebayang ngga, betapa besarnya alam raya ini. Dan ini belum apa apa. Karena dalam Al Quran, Allah berfirman bahwa Allah menghias langit yang dekat dengan bintang bintang. Lihat surah Al Mulk ayat 4. Bagaimana dengan langit ke dua dan seterusnya? Wallahu a'lam.... Allahu Akbar.


Menurut teori para ahli, jarak bintang terjauh adalah sekitar 14 milyar tahun cahaya. Jadi kalau hendak mencapai bintang terjauh dengan kendaraan dengan kecepatan cahaya, maka diperlukan 14 milyar tahun. Tapi setelah perjalanan sekian lamamya apakah kita sudah mencapainya? tidak... karena alam raya ini mengembang sehingga butuh waktu yang sama untu mencapainya, demikian seterusnya. Dan ini sesuai dengan ayat dalam Al Qur'an.
Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan [Kami] dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.QS (Adz Dzariyat 51:47)


ALLAHU AKBAR... bayangkan jika ciptaannya saja sedemikian besar bagaimana dengan Penciptanya? Allah yang demikian Maha Besar dan Maha Agungnya memberi kita kesempatan untuk menghadap kepadaNya 5 kali sehari. Raja atau presiden yang kekuasaannya hanya sepersekian bumi ,saja susah sekali ditemui, bener ngga?


Alangkah tidak pantasnya kalau kita sudah dipanggil dengan ucapan Allahu Akbar .... Allahu Akbar lima kali sehari tapi tidak datang juga. Manusia lebih mementingkan dunia yang hina ini. Dunia ini begitu kecil, matahari itu kecil, bumi ini keciil, manusia kecil, pekerjaan kita itu kecil, harta kita sangat sangat kecil. Bahkan sesungguhnya manusia ini sangat hina. Manusia adalah kotoran yang berjalan di muka bumi. Betapa tidak, setiap hari mata kita mengeluarkan kotoran, hidung, telinga, kulit,  lambung kita terus memproduksi kotoran. Mengapa kita yang hina ini begitu sombongnya, sehingga bermalas-malasan memenuhi panggilan dari Allah Yang Maha Besar. Bahkan terkadang lari dari panggilan Allah. Sudah di dekat masjid, mendengar azan eh... bukannya menjawab panggilan Allah dengan segera sholat eh ...malahan menjauh. Astaghfirullah.


Ya Allah ... aku mohon ampun dari sikap tidak tahu diri yang terus dilakukan oleh hambaMu yang hina ini...

Nb: Tulisan ini disarikan dari ceramah yang disiarkan dari Radio Silaturralim AM 720 dan dari wikipedia. Mohon maaf tidak mendengar nama penceramahnya. Semoga Allah membalas beliau dengan yang lebih baik.

Gambar: Flikcr.com. Terima Kasih.


Sumber :-Dakwah untuk para remaja-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar