Sabtu, 07 April 2012

Persembahan Maher Zain kepada kaum wanita


[JAKARTA] Penyanyi religi yang digilai kaum ibu dan wanita dewasa, Maher Zain kembali membuat gebrakan. Setelah berhasil di album pertama Thank You Allah dan terjun ke dunia akting untuk sinetronInsya Allah, Ada Jalan, kini Maher mempersembahkan buah karya keduanya bertajukForgive Me. Album baru yang berisi 14 lagu ini dipersembahkan khusus untuk wanita-wanita spesial dalam hidupnya. 

Selayaknya album pertama, di album terbarunya Maher masih mengusung misi religi yang sama. Ia  menjadikan album sebagai media penyampaian pesan yang efektif. Pesan-pesan religi yang Maher sampaikan jelas masih seiring dengan ajaran Islam tentang kasih sayang, toleransi, dan pengampunan di antara umat manusia. Bila melihat kesuksesan album Thank You Allah, tak perlu diragukan lagi kepiawaian Maher menciptakan lagu yang menyentuh hati nurani.  

Dalam jajaran lagu pop muslim di Indonesia, Maher menduduki peringkat pertama untuk penjualan album terbanyak. Berkat penjualan album di tahun 2011, Sony Music Indonesia bahkan memberikan penghargaan 20x Platinum untuk pria kelahiran Lebanon 16 Maret 1981. Kehadiran album Forgive Me, dipaparkan Maher dalam jumpa pers di Palalada Restoran Grand Indonesia, Senin (2/4), sebagai lanjutan ibadahnya dalam menyampaikan pesan perdamaian dan cinta kasih. 

Hanya saja, khusus di album Forgive Me ia lebih banyak menyelipkan pesan tentang cinta kepada makhluk Tuhan yang terlahir sebagai wanita. Dalam hidup pria yang selalu mengenakan topi sebagai pelengkap penampilan ini, wanita sangat berjasa. Paparan tentang jasa seorang wanita terbaca dalam lagu berjudulNumber One For Me. Lagu yang didapuk sebagai jagoan ini mengisahkan tentang kasih sayang seorang anak kepada ibunya. 

Di lagu ini, Maher menumpahkan isi hati terdalam akan rasa cinta dan sayang pada sang Ibu. Ia menyadari tanpa kehadiran dan kasih sayang yang tak ternilai dari Ibu, Maher tidak akan menjadi pria sukses. Karena itu, lirik lagu Number One For Me menyiratkan pesan bahwa hanya seorang ibulah yang pantas berada di urutan pertama hati anak-anak mereka. 

“Aku ingin menyampaikan kepada semua orang di dunia betapa berartinya sosok ibu. Hingga detik ini, aku masih merasa belum cukup membalas semua jasa dan pengorbanan ibu untuk hidupku,” ungkap Maher saat ditemui SP usai jumpa pers di Palalada Restoran Grand Indonesia. 

Lagu andalan di album Forgive Me mengandalkan irama pop R&B yang ringan. Sudah menjadi ciri khas Maher dalam menyajikan lagu religi yang justru jauh dari irama-irama religi atau timur tengah. Karena itu, dengan aransemen musik yang ngepop lagu Maher dapat dinikmati  lebih universal ketimbang album religi lainnya. Selain Number One For Me, Maher juga menyiapkan lagu spesial untuk putri tercintanya. 

Sebuah lagu berjudul My Little Girl dipersembahkan untuk gadis kecil yang telah mewarnai dan melengkapi hidupnya. Istimewanya lagi, pada lagu ini Maher sengaja menghadirkan suara anaknya, Aya Zain yang kala itu baru berusia 4 bulan. Untuk membuat lagu My Little Girl memang membutuhkan extra kesabaran. Ia harus bersenandung sambil bermain gitar di depan gadis kecilnya. Selama lebih dari 30 menit, Aya Zain tidak merespon lagu Maher. Hingga akhirnya sang anak mengeluarkan suara yang berhasil direkam Maher sebagai backsound lagu. 

“Lagu ini adalah ungkapan kebahagian seorang ayah pada anaknya. Gadis kecil dalam hidupku ini memberi banyak inspirasi. Aku rasa siapapun yang sudah menjadi ayah pasti dapat memaklumi perasaan bahagia di lagu ini. Lagu ini sekaligus mengingatkan semua ayah di dunia betapa berharganya seorang anak perempuan,” lontar pria yang tengah mempelajari bahasa slank orang Jakarta. 

Sementara lagu Forgive Me yang dipilih Maher sebagai judul album bertutur tentang arti memaafkan. Tidak masalah bila seorang manusia melakukan kesalahan. Sebab sudah menjadi kodratnya bahwa manusia bukanlah makhluk yang paling sempurna. Namun saat manusia melakukan kesalahan, sewajarnya ia bertobat dan menyesali kesalahannya. Di lagu ini pula Maher berpesan bahwa ungkapan maaf atau kalimat maaf jangan hanya menjadi lip service. Maaf harus datang dari hati dan tulus. Maaf artinya benar-benar melupakan dan tidak mengingat kesalahan itu lagi. 

Secara keseluruhan, kehadiran album Forgive Me memang sedikit berbeda dengan Thank You Allah. Di album ini Maher kelihatan lebih dewasa dan percaya diri. Terlihat dari aransemen musik yang tercipta di setiap lagu. Terdapat remix lagu yang ngepop di beberapa lagu. Bahkan di dua lagu baru Maher sengaja menonjolkan suara alat musik tiup saxophone. 

“Di karya kedua ini aku bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda. Warna musik aku pun lebih hidup dan berwarna. Musik bernapaskan Islami kini bisa dinikmati dengan cara yang lebih ngepop. Aku berharap semua orang bisa menyukai dan menikmati album Forgive Me,” katanya. 

Ditambahkan Maher, album Forgive Me juga mempersembahkan dua lagu berbahasa Indonesia. Lagu bahasa Indonesia itu berjudul Ku Milikmu dan Tuntunku KepadaMu. Dua lagu ini adalah lagu bahasa Inggis yang didaur ulang ke bahasa Indonesia. Demi menyanyikan dua lagu berbahasa Indonesia, Maher rela belajar pengucapan bahasa yang baik dan benar bersama teman-teman dan kru sinetron Insya Allah, Ada Jalan.  [SP/Elvira Anna Siahaan] 

Sumber :http://www.suarapembaruan.com/home/persembahan-maher-zain-kepada-kaum-wanita/18817

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar