Senin, 26 September 2011

alat/perangkat yang digunakan untuk internet

Router



Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuahjaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan sepertiInternet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.






Modem


Modulation demodulation. Umumnya alat ini digunakan untuk merubah sinyalanalog menjadi digital dan sebaliknya. misalnya untuk menghubungkan antara duakomputer melalui dial-up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses datamelalui jaringan atau internet.





LAN Card


Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.




Kabel UTP


Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalamjaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabelShielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dariinterferensi elektromagnetik.


Bridge Jaringan



Sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisandata-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol(SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.


HUB



Adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untukmenghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI. Dengan adanya hub, maka CSMA/CD yang bertugas untuk mensharing medium (kabel, udara, fiber, dll) agar semua bisa terkoneksi dapat berjalan dengan baik.
Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.



Splitter


Splitter merupakan alat penghubung ADSL dengan line telepon. Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika Anda menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya Anda tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan. Ini merupakan salah satu keuntungan mengapa Anda menggunakan teknologi ADSL.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar